Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Sistem Pencernaaan Manusia Untuk Kelas 5 SD
Abstract
Pada SD Negeri Bintoyo masih menerapkan teknik pembelajaran ceramah, sesi tanya jawab, diskusi, serta tugas sehingga siswa kurang memahami materi yang disediakan khususnya materi sistem pencernaan manusia, maka dibuatlah aplikasi ini supaya siswa tidak jenuh pada proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi pembelajaran sistem pencernaan manusia berbasis multimedia interaktif untuk kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Bintoyo. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode Waterfall. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode HIPO (Hierarchical Input Process Output) dan dikembangkan menggunakan Adobe Flash dan Animate tools. Hasil perancangan aplikasi ini digunakan untuk membantu guru dan siswa dalam belajar mengenai sistem pencernaan manusia secara visual dan menyenangkan. Sebelumnya kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan metode ceramah dan menggunakan buku paket yang membuat siswa bosan dan sulit menerima materi karena tidak memiliki bayangan secara nyata mengenai sistem pencernaan manusia. Sehingga metode ini dapat membantu siswa dalam belajar sistem pencernaan manusia yang lebih menyenangkan, dan secara visual lebih menarik.
References
Patel and R. Goyena, “PERMASALAHAN PEMBELAJARAN DARING PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19 1C,” J. Chem. Inf. Model., vol. 15, no. 2, pp. 9–25, 2019.
H. Gunawan, Y. Septiana, and E. Gunadhi, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Pengenalan Ragam Budaya Indonesia Berbasis Android,” J. Algoritm., vol. 17, no. 1, pp. 82–90, 2020, doi: 10.33364/algoritma/v.17-1.82.
H. Supriyono, E. Sudarmilah, U. Fadlilah, E. T. Rahayu, and A. Purwohartono, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa dan Huruf Jawa Berbasis Adobe Flash CS6,” 2nd Univ. Res. Coloquium, pp. 1–9, 2019.
F. Hidayat, “RANCANG BANGUN GAME INTERAKTIF PEMBELAJARAN IPA MENGENAI RANTAI MAKANAN UNTUK ANAK SD ( SEKOLAH DASAR ) BERBASIS GAME ANDROID SKRIPSI Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat guna mencapai gelar Sarjana Komputer pada Jurusan Teknik Informatika Fakultas S,” 2019.
C. K. Nelwan, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Sekolah Dasar Kelas 1,” J. Tek. Inform. , vol. 15, no. 1, pp. 45–54, 2020.
I. Magdalena, A. Fatakhatus Shodikoh, A. R. Pebrianti, A. W. Jannah, I. Susilawati, and U. M. Tangerang, “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi,” Ed. J. Edukasi dan Sains, vol. 3, no. 2, pp. 312–325, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
G. C. S. Dwiqi, I. G. W. Sudatha, and A. I. W. I. Y. Sukmana, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V,” J. Edutech Undiksha, vol. 8, no. 2, p. 33, 2020, doi: 10.23887/jeu.v8i2.28934.
A. T. Hasnanto and N. Kholifah, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Materi Organ Gerak Manusia Berbasis Adobe Flash Cs3 Kelas V SD/MI,” TERAMPIL J. Pendidik. dan Pembelajaran Dasar, vol. 9, no. 1, pp. 69–82, 2022, doi: 10.24042/terampil.v9i1.12166.
I. M. WIDIYA, “Pengembangan Media Gambar Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia,” Pengemb. Media Gambar Pada Mater. Sist. Pencernaan Mns., 2020.
M. Kuddus, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARANINTERAKTIF IPA MATERI ORGAN GERAK MANUSIA BERBASIS ADOBE FLASH CS3 KELAS V SD/MI Skripsi,” pp. 1–120, 2019.
I. K. W. Nata and D. K. N. S. Putra, “Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar,” J. Imiah Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 5, no. 2, p. 227, 2021, doi: 10.23887/jipp.v5i2.32726.
B. Wulandari, F. Ardiansyah, P. Eosina, and H. Fajri, “Media Pembelajaran Interaktif Ipa Untuk Sekolah Dasar Berbasis Multimedia,” Krea-Tif, vol. 7, no. 1, p. 11, 2019, doi: 10.32832/kreatif.v7i1.2028.
L. Kerja, P. Didik, and N. Siswa, “Kelas V ( Lima ) Tema 3 : Makanan Sehat Bagaimana tubuh mengolah makanan ?,” vol. 1.
M. F. Tamara, V. Tulenan, and S. Paturusi, “Aplikasi Pembelajaran Interaktif Sistem Pencernaan Manusia untuk Siswa SD,” J. Tek. Inform., vol. 14, no. 3, pp. 377–386, 2019.
W. I. Martin, A. Haris, and M. Hasyim, “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Fisika Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 1 Gowa,” J. Sains dan Pendidik. Fis., vol. 18, no. 1, p. 11, 2022, doi: 10.35580/jspf.v18i1.31559.
P. Pasman, “Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Melalui Lesson Study di SDN 41/X Sungai Jambat Pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022,” J. Educ., vol. 5, no. 4, pp. 12204–12212, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i4.2183.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).








